Seberapa Besar Pertanggungan Korban Lion Air JT610

Masih hangat kejadian pesawat lion air JT610 rute Bandara Internasional Soekarno Hatta-Bandara Depati Amir Pangkalpinang jatuh di perairan karawang. Insiden kecelakaan yang menimpa maskapai penerbangan Lion Air pada senin lalu, memunculkan pertanyaan dalam benak. “Apa yang akan didapat para penumpang/korban jika kondisi tersebut terjadi??”

Direktur Eksekutif Asosiasiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Dody A.S menuturkan ada beberapa asuransi yang melingkupi penumpang maupun maskapainya jika terjadi satu kecelakaan pesawat. “Ada beberapa jenis asuransi dalam hal ini,” ujar dia. Dia menuturkan terkait penumpang pesawat selaku korban. Ada asuransi yang ditanggung atau menjadi santunan wajib dari PT Jasa Raharja. Pemberian asuransi Jasa Raharja berbeda, tergantung kondisinya. Penumpang bisa mendapatkan santunan hingga Rp 25 juta per orang jika mengalami luka.
Serta santunan sebesar Rp 50 juta bagi korban yang menderita catat tetap.

Lainnya, penumpang juga bisa mendapatkan penggantian kerugian tambahan yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. dan UU No 33 dan PMK No 15 tahun 2017, Jasa Raharja Wajib memberikan Santunan bagi korban meninggal dunia.
Ini pernah berlaku saat kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak pada Mei 2012 lalu. Nilai pertanggungan ini maksimal Rp 1,25 miliar perorang jika kondisinya meninggal dunia atau cacat total akibat mengalami kecelakaan pesawat udara.

Selain asuransi wajib, penumpang pesawat juga bisa mendapatkan tambahan perlindungan asuransi perjalanan online jika mereka membeli polis yang biasanya dijual terpisah secara retail. Tak hanya penumpang, pihak maskapai juga takkan rugi. Perusahaan akan mendapatkan klaim dari kerusakaan pesawat yang ditanggung perusahaan asuransi khusus.
Nilai asuransi mengacu pada harga pesawat. Misalkan terkait kecelakaan pesawat Lion Air, nilai asuransi secara gambaran kasar mencapai Rp 40 miliar-Rp 50 miliar.

Dengan gambaran pertanggungan asuransi tersebut, sudah tahukan bagaimana pentingnya layanan perlindungan ini bagi perjalanan udara Anda? apalagi dikemajuan jaman ini sangat mudah di temukan broker asuransi perjalanan online yang dapat di akses melalui mobile aplikasi.

Bayangkan, bila anggota keluarga ada yang menjadi korban, betapa besar kerugian yang diterima. Apalagi kalau yang mengalaminya adalah orang yang menghidupi keluarga, tentu pemberian santunan ini bisa sangat berguna karena bisa dijadikan penjamin masa depan Anda. Tentunya bila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. sediakan proteksi sebelum semuanya terjadi.

Salam.

Di kutip dari: Berbagai Sumber
, , , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *