Tanda-tanda Rumah Perlu Renovasi

Untuk kebanyakan orang, rumah menjadi tempat dimana mereka bisa beristirahat dan juga melakukan berbagai aktivitas kehidupan dengan anggota keluarga mereka. Terutama saat ditengah pandemi, rumah atau tempat tinggal menjadi hal yang sangat penting dan kebutuhan yang harus dimiliki. Banyak waktu dihabiskan dirumah oleh karena itu orang berlomba-loba untuk mendesain rumah mereka sebagus dan senyaman mungkin. Namun tentunya ini tidak akan bertahan selamanya, seiring berjalannya waktu ada beberapa bagian dari rumah yang dapat mengalami kerusakan.

Sebelum terlambat, waspadai kerusakan-kerusakan berikut supaya Anda tahu kapan untuk renovasi rumah.

Baca juga:

Tips Nyicil Buat Beli Rumah atau Apartemen
  1. Rayap
    Seperti peribahasa “kecil-kecil cabe rawit,” serangga rayap memang kecil tapi menjadi musuh banyak orang. Binatang ini meskipun kecil bisa menyebab kerusakan yang besar pada struktur rumah dengan menggerogoti kayu-kayu dan plafon. Jika rumah sudah terserang rayap dan telat disadari, rumah kemungkinan sudah tidak bisa ditinggali dan memerlukan renovasi.
  1. Atap Bocor atau Kendur
    Biasanya atap dibikin supaya bertahan berpuluh-puluh tahun, tapi sebelum mencapai siklus hidup yang awalnya ditentukan, kerusakan atap menjadi hal yang umum. Kerusakan seperti atap bocor bisa terjadi karena cuaca hujan deras, kurangnya perawatan, atau bahkan bisa terjadi kerusakan struktur karena pergerakan rangka kayu.
  1. Retak Dinding dan Plafon
    Retakan di dinding tentunya hal yang umum untuk kebanyakan rumah dan ini bukan selalu pertanda bahwa ada masalah dalam struktur bangunan dan terkadang tidak memerlukan renovasi. Yang harus diperhatikan adalah saat retakan itu terus membesar, ini mungkin bisa menjadi pertanda bahwa struktur bangunan perlu diperbaiki.
  1. Lantai Tidak Rata
    Mirip dengan retak di dinding dan plafon, ketidakrataan lantai juga mungkin bukan hal yang perlu diprioritaskan karena penyebab nya mungkin hal-hal yang sepele. Tapi jangan lengah dulu, Anda tetap harus cek masalahnya, jika ini karena konstruksi yang tidak tepat atau pondasi yang kurang pas, ini bisa menjadi hal yang besar.

Baca juga:

Beberapa Tanaman Hias yang Aman Disimpan Indoor
  1. Lantai Bawah Basah
    Bangunan apapun memerlukan ventilasi yang berkecukupan, jika tidak maka gampang bertumbuh jamur dan kelembaban berlebihan juga bisa mempercepat pembusukan kayu yang nantinya bisa merusak struktur bangunan.
  1. Pembusukan Kayu
    Penggunaan kayu untuk bangunan tentunya umum karena kayu adalah salah satu bahan yang kuat. Tapi seperti disebut sebelumnya, pembusukan kayu juga bisa terjadi apalagi jika ada kelembaban yang berlebihan dan ini bisa merusak struktur bangunan. Ditambah kayu yang lembab juga bisa bantu pertumbuhan jamur.
  1. Beton Rusak
    Kelembaban bukan hanya bisa mempercepat pembusukan kayu tapi juga bisa merusak beton. Beton yang rusak bisa menyebabkan bangunan runtuh.
  1. Antar Dinding yang Tidak Menyatu
    Antar dinding yang tidak menyatu bisa menjadi kelemahan bangunan yang besar karena menyebabkan struktur tidak kuat. Antar dinding yang tidak menyatu bisa disebabkan pilar penyangga yang kurang, pekerjaan bangunan yang sembrono, pergeseran pondasi, dan lain-lain.
  1. Pintu dan Jendela yang Tidak Pas
    Tanda bangunan yang perlu renovasi yang paling jelas itu jika pintu dan jendela tidak pas. Ini bisa berarti struktur bangunan sudah tidak berdiri tegak lagi atau ada terjadi nya pergerakan pada bangunan atau tanah.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi masalah seperti ini, ada bagusnya untuk mengasuransikan bangunan atau rumah Anda. Banyak produk asuransi yang bisa membantu proteksi Anda di masa depan saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada bangunan Anda. Daripada menghubungi setiap merk asuransi untuk mencari produk yang pas, lebih baik Anda mencari di marketplace asuransi seperti Jagain.

Disini Anda sudah tinggal mengisi data dan nanti akan ditawarkan bermacam pilihan produk yang diinginkan dari berbagai asuransi ternama. E-polis pun juga sudah langsung Anda terima saat selesai pembayaran.

Asuransi Rumah terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *