Tetap Aman ke Salon Saat Pandemi

Setelah isolasi di rumah berbulan-bulan, banyak orang yang perlu pergi kke salon untuk potong rambut. Tapi, di saat pandemi seperti sekarang, menjaga keamanan dan kesehatan sangatlah penting.

Salon biasanya menjadi salah satu tempat yang paling ramai orang dan menjadi tempat yang memiliki risiko tinggi tertular virus corona. Tentunya, banyak salon yang memiliki protokol kesehatan sendiri-sendiri, tapi tempat umum ini tetap memiliki risiko.

Melansir MLive, dari skala satu sampai sembilan, tingkat risiko salon berada di level enam. Pasalnya, aktivitas di dalam salon memerlukan kontak fisik dan tidak memungkinkan untuk jaga jarak aman (social distancing). Pendapat senada disampaikan profesor epidemiologi dari New York University’s School of Global Public Health, Robyn Gershon, MHS, DrPH. Melansir Good Housekeeping, Gershon menyebut selain soal interaksi dalam jarak dekat, risiko penularan Covid-19 di salon juga bisa dari waktu kontak yang cukup lama saat proses perawatan.

Menurut Gershon, berbagi udara di ruangan tertutup lebih dari 30 menit (termasuk udara yang diembuskan alat pengering rambut) bisa meningkatkan risiko penularan virus corona. Penggunaan alat penata rambut, kuku, kursi, dll. secara bergantian juga bisa meningkatkan peluang penularan Covid-19.

Cara terbaik untuk mencegah penularannya virus corona adalah untuk tinggal di rumah. Terutama bagi orang lanjut usia, penderita penyakit kronis, dan pemilik masalah daya tahan tubuh yang lebih riskan saat terinfeksi virus corona. Namun, jika Anda merasa kebutuhan ke salon atau melakukan perawatan sudah sangat mendesak, usahakan untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Baca juga:

Tips Berenang Aman Saat Pandemi

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat
Setiap orang berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan virus corona atau penyakit lain. Jika Anda merasa tidak sehat, walaupun gejalanya ringan, urungkan niat pergi ke salon, tempat potong rambut, atau tempat umum lainnya.

Pilih salon yang menerapkan protokol kesehatan
Perhatikan salon-salon yang memiliki protokol kesehatan yang lengkap. Usahakan juga untuk membuat reservasi dan rencanakan layanan yang diinginkan sebelum ke salon supaya tidak perlu menunggu lama-lama, bikin kunjungan sebentar mungkin. Untuk sementara, Anda juga disarankan untuk menghindari perawatan yang menyasar dekat area selaput lendir seperti mata, hidung, dan mulut.

Pastikan kondisi tangan selalu dalam keadaan bersih
Sanitasi tangan sebelum masuk salon atau tempat potong rambut. Sebelum duduk di kursi, pastikan kursi dan meja yang Anda akses dalam kondisi bersih. Jika Anda menggunakan kamar mandi di dalam salon, pastikan untuk membersihkan kembali tangan sebelum duduk. Buka pintu dengan siku atau tisu. Jangan copot masker Ikuti anjuran untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Ganti pakaian setelah dari salon
Protokol ganti pakaian dari luar rumah begitu sampai di rumah tidak hanya berlaku setelah Anda pulang dari salon. Cara ini juga wajib diterapkan saat Anda pulang dari belanja sampai sekadar jalan-jalan di luar rumah. Pakaian yang dikenakan di luar rumah juga bisa tanpa sengaja tertempel partikel kuman biang penyakit.

Asuransi online tanpa survey - blog jagain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *