Tingkatkan Imunitas dengan Tips Berikut Secara Teratur

Banyak negara yang sudah memasuki era new normal, salah satunya adalah Indonesia, tapi ini bukan berarti kita sudah bebas dari virus corona. Virus masih tetap tersebar di lingkungan sekitar atau bahkan bisa semakin mengancam kesehatan oleh karena itu protokol kesehatan masih harus diikuti.

Selain menerapkan protokol kesehatan dari luar tubuh, harus didukung juga usaha dari dalam tubuh, yaitu menjaga sistem imun agar tetap dalam kondisi baik. Berikut beberapa tips untuk menjaga imunitas tubuh kita termasuk penjelasannya.

1. Cukup Tidur

Tidur yang cukup adalah salah satu cara agar tubuh tetap fit setelah seharian beraktivitas karena ini bisa membantu meregulasi agar sistem imun tubuh tetap terjaga.

Durasi tidur yang baik idealnya minimal 7-9 jam, tidak kurang dan tidak lebih.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mendapatkan sistem imun yang sehat, maka tubuh memerlukan makanan yang bernutrisi. Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi kriteria gizi seimbang atau 4 sehat 5 sempurna.

Baca juga:

Ga Cuma dari Dalam, Gejala Corona Juga Bisa Muncul di Kulit lho!

3. Olahraga di Rumah

Olahraga adalah kegiatan yang bisa membantu metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Olahraga ringan dapat membantu proses regenerasi sel imun dan bisa membantu mengurangi peradangan tubuh.

Sehingga olahraga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Kendalikan Stres

Stres bisa dipicu oleh masalah sehari-hari, tekanan batin, atau bahkan masalah keuangan.

Mengatur waktu dan pintar mengelola aktivitas itu penting agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa menimbulkan stres atau pemikiran dan masalah baru.

Baca juga:

Jaga Kesehatan Mata Saat Kerja atau Belajar di Rumah

5. Kurangi Merokok

Rokok dapat mengganggu berbagai sel imun seperti sel CD4+, Sel Limfosit Memori, Sel Limfosit B, Sel T-Helper. Saat merokok, keseimbangan sistem imun juga akan terganggu, sehingga meningkatkan resiko  mengalami penyakit autoimun.

Bahaya rokok bisa berimbas ke sistem imun karena akan menekan antibodi dan sel yang berperan untuk melawan masuknya komponen penyebab penyakit ke tubuh.

6. Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk kesehatan karena tubuh mendapatkan asupan vitamin D. Sinar matahari akan dapat memberi energi salah satu sel limfosit T.

Sehingga, sel-sel kekebalan tubuh akan lebih aktif dalam melawan benda asing yang masuk ke tubuh, termasuk virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *