Tips Belanja Makanan saat Pandemi yang Aman dan Higienis

Di saat pandemi, kita perlu lebih memperhatikan belanjaan dan juga situasi belanja kita. Saat belanja di tempat umum, tentunya kita akan bertemu dengan orang lain, ini perlu juga diperhatikan karena saat pandemi seperti sekarang lebih baik untuk tidak bertemu banyak orang untuk mengurangi penularan. Penyimpanan barang belanjaan juga perlu di perhatikan.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, ada 10 langkah aman yang bisa dilakukan saat belanja selama pandemi.

Baca juga:

Sering Disentuh, 3 Permukaan ini Harus Rajin Dibersihkan saat Pandemi

1. Usahakan bikin daftar belanjaan hingga untuk kebutuhan 1 sampai 2 minggu supaya tidak terlalu sering keluar rumah.

2. Selalu gunakan masker saat sedang berbelanja atau saat berada di tempat umum.

3. Bawa tisu basah atau semprotan alkohol untuk membersihkan pegangan keranjang belanja. Cuci tas belanja setelah digunakan.

4. Menjaga jarak saat berbelanja sekitar 2 meter dengan orang di tempat perbelanjaan. Jangan sentuh wajah dengan tangan juga.

5. Jangan lupa untuk sering cuci tangan menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik setelah berbelanja dan setelah menyimpan barang belanjaan di rumah.Selalu cuci tangan dengan air hangat dan sabun selama 20 detik saat sudah sampai di rumah dan setelah menyimpan barang belanjaan.

6. Bersihkan kemasan makan dengan air dan sabun untuk pencegahan ekstra.

  1. Selalu cuci buah dan sayur sebelum di konsumsi dengan air yang mengalir. Khususnya buah dengan kulit dan kulit buah yang tidak dimakan. Gosok kencang dengan sikat hingga bersih. Selalu bersihkan tutup makanan kaleng sebelum dibuka.
  1. Masukan bahan makanan yang gampang rusak ke kulkas dalam waktu 2 jam setelah pembelian.
  2. Berishkan dan sanitasi meja dapur secara rutin menggunakan disinfektan. Disinfektan bisa dibeli, bisa juga bikin sendiri menggunakan 4 sendok teh pemutih per liter air. Larutan ini dan produk disinfektan lainnya tidak bisa digunakan pada makanan.
  1. Selalu ingat 4 langkah keamanan pangan dasar – bersihkan, pisahkan, masak, dan dinginkan.
Asuransi online tanpa survey - blog jagain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *