Tips Cegah Virus Corona dengan Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Virus Corona sudah menginfeksi ratusan ribu orang di segala dunia, di Indonesia sampai tulisan ini diterbitkan, telah ratusan orang positif terkena COVID-19. Memperkuat cara imun tubuh yaitu salah satu sistem yang dapat dijalankan untuk menangkal penularan virus ini. Tak cuma virus Corona, cara imun tubuh yang kuat juga bisa melindungi tubuh dari pelbagai penyakit lainnya.

Novel coronavirus 2019 (2019-nCoV) atau yang lebih diketahui dengan nama virus Corona yaitu virus yang bisa menyebabkan gangguan cara pernafasan, pneumonia (infeksi paru-paru) yang bersifat akut, dan gagal ginjal. WHO secara sah memberikan nama COVID-19 (Coronavirus disease 2019) untuk virus Corona ini.

Sampai dikala ini, belum tersedia vaksin yang dapat mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Inilah yang menyebabkan Kementerian Kesehatan Indonesia mengimbau supaya masyarakat Indonesia selalu melakukan hidup bersih (higienis) serta senantiasa menjaga tenaga bendung tubuh.

Tips Memperkuat Sistem Imun Tubuh untuk Mencegah Virus Corona

Pada dasarnya, tubuh manusia mempunyai cara imun untuk melawan virus dan kuman penyebab penyakit. Tetapi, ada hal-hal yang bisa melemahkan cara imun atau kekuatan bendung tubuh seseorang, antara lain penuaan, kurang nutrisi, penyakit, pun obat-obatan tertentu. Oleh sebab itu, fungsi cara imun perlu selalu dijaga supaya kekuatan bendung tubuh kuat.

Berikut yakni sistem-sistem natural yang dapat Anda lakukan untuk menjaga cara imun atau kekuatan bendung tubuh:

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, bisa menolong tubuh melawan radikal bebas. Kalau di dalam tubuh Anda banyak terdapat radikal bebas, kerja cara imun dapat terganggu dan Anda jadi lebih gampang terkena infeksi virus Corona.

Kecuali itu, untuk menjaga imunitas tubuh, dibutuhkan juga asupan gizi yang cukup. Perbanyak konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, serta biji-bijian supaya kekuatan bendung tubuh Anda kuat. Bawang dan jahe juga bagus untuk dikonsumsi sebab kandungannya diyakini bisa menolong tubuh melawan infeksi dan meredakan peradangan.

2. Berolahraga Dengan Rutin

Olahraga juga rupanya kapabel meningkatkan kekuatan bendung tubuh dan meredakan peradangan. Tetapi, perlu Anda ingat, olahraga yang dilaksanakan secara teratur mempunyai efek yang lebih bagus kepada cara imun diperbandingkan olahraga yang cuma kadang kala. Jadi, sempatkanlah untuk berolahraga setidaknya 30 menit tiap-tiap hari.

3. Mengelola Stres Dengan Bagus

Stres yang berkepanjangan bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi bisa mengganggu kerja cara imun dalam melawan infeksi. Oleh sebab itu, upayakan untuk mengelola stres dengan bagus agar cara imun Anda konsisten terjaga dan kuat melawan infeksi virus Corona.

Stres dapat diatur dengan hal yang simpel, umpamanya dengan tidur cukup tiap-tiap harinya. Anda juga dapat melaksanakan hal-hal yang menyenangkan agar tubuh dan pikiran Anda rileks, umpamanya berkumpul dengan sahabat, berlibur, melakukan hobi Anda, atau melaksanakan meditasi.

4. Beristirahat Yang Cukup

Meskipun terdengar simpel, kurang tidur rupanya dapat memunculkan akibat yang buruk pada kesehatan. Salah satunya yakni penurunan kekuatan bendung tubuh, sehingga bermacam-macam penyakit bisa lebih gampang menyerang.

Tidur yang cukup bisa membikin tubuh Anda lebih kuat melawan paparan virus Corona. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7–8 jam tiap-tiap harinya, walaupun si kecil-si kecil membutuhkan waktu tidur 10 jam atau lebih.

5. Mengkonsumsi Suplemen Pendorong Daya Tahan Tubuh

Untuk mencegah infeksi virus Corona, Anda juga bisa menentukan konsumsi suplemen yang bisa memperkuat kekuatan bendung tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen, seperti vitamin C (sodium ascorbate), vitamin B3 (nicotinamide), vitamin B5 (dexpanthenol), vitamin B6 (pyridoxine hcl), vitamin E (alpha tocopheryl), zinc picolinate, dan sodium selenite, bisa meningkatkan daya kerja cara imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus ataupun kuman, termasuk infeksi virus Corona. Di sisi lain, vitamin B3, B5, dan B6 bisa membetulkan sel-sel tubuh yang rusak dampak sakit.

Kecuali memperkuat kekuatan bendung tubuh dengan bermacam-macam sistem di atas, Anda juga perlu melaksanakan upaya untuk mencegah penularan virus Corona, Yaitu:

  • Mencuci tangan secara teratur dengan air dan sabun, atau dengan hand sanitizer
  • Tak meraba wajah, hidung, dan mata dengan tangan yang kumal atau belum dicuci
  • Menghindari pergi ke tempat yang telah terjangkit virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus

Kalau mempunyai keadaan medis tertentu yang membuat Anda rentan kepada infeksi, atau kalau Anda patut berpergian ke daerah yang rawan infeksi virus Corona, jangan ragu untuk bertanya terhadap dokter mengenai hal-hal yang perlu Anda lakukan supaya terhindar dari infeksi ini.

Ayo, kita sama-sama menjaga kekuatan bendung tubuh yang kuat dengan berolahraga yang rutin, mengelola stres, beristirahat, dan mengkonsumsi makanan bergizi. Serta suplemen pendorong kekuatan bendung tubuh dengan kumpulan vitamin dan kumpulan mineral!

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *