Tips Hemat Saat Traveling

Hallo sobat tahu gak sih? produktivitas seseorang sangat dipengaruhi kondisi pikirannya. Pikiran yang segar akan membuat seseorang menjadi lebih produktif dan kreatif.
Salah satu cara untuk membuat pikiran menjadi fresh adalah dengan travelling/liburan.
Fakta menunjukkan banyak orang yang mengeluhkan beban pekerjaannya yang membuat mereka menjadi stress hingga akhirnya ingin liburan, jelas bahwa liburan memang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan hidup.
Meskipun sangat sibuk, sebaiknya tetap mengambil liburan atau setidaknya merencakan liburan jika hari libur sudah tiba. Berlibur tidak harus mahal, yang terpenting dapat dinikmati, menambah pengetahuan, akrab bersama keluarga, dan dapat menghilangkan stres.
Liburan yang menyenangkan tidak harus pergi ke luar negeri. Lokasi berlibur di Indonesia sangat luas dan ada sangat banyak tempat-tempat indah disini yang pastinya akan membuat liburan kamu semakin hemat, menyenangkan, dan pastinya semakin dekat dengan keluargamu. Jadi, buat kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, ayo baca tips berikut ini.

1.Lakukan Survei Liburan

Sebelum pergi berlibur, tentu harus menentukan kemana kamu akan pergi. Untuk memastikan bahwa tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Selain itu, dengan melakukan survei sobat bisa mulai menghitung kisaran uang yang kamu butuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu tuju, dan juga kamu bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah.

2. Beli tiket jauh Jauh Hari

Mulailah memeriksa harga tiket murah atau promo, jika belum yakin dengan harganya, periksa lagi beberapa hari kemudian, mungkin ada penurunan harga. Saat harga turun segera lakukan pemesanan. Harga tiket pasti lebih mahal jika dibeli mendekati hari H keberangkatan.
Melakukan pemesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan merupakan salah satu cara untuk liburan tanpa harus menguras kantong, seperti: membeli tiket 3-6 bulan sebelum keberangkatan. Selain itu, lakukanlah pemesanan tiket secara online, karena biasanya website-website tiket lebih banyak memberikan promo jika pembelian dilakukan secara online.

3. Carilah Penginapan yang Hemat

Apabila liburan tidak hanya 1 hari dan harus menginap maka carilah informasi tentang penginapan murah. Menginap di hotel memerlukan biaya yang mahal, sebaiknya carilah rumah biasa yang disewakan untuk menginap. Anda tinggal mencari di situs penginapan maka informasi yang dibutuhkan akan didapat atau dapat bertanya kepada penduduk lokal yang lebih mengetahui seluk beluk wilayah tersebut. Saat ini, fasilitas dan pelayanan rumah penginapan mulai bersaing,
bahkan beberapa diantaranya memiliki kualitas yang mendekati hotel, seperti: menyediakan makan dan laundry. Beberapa survey menunjukkan menginap di rumah penginapan dapat menghemat 30%-40% daripada di hotel.

4.Bawa bekal cemilan

Makanan tidak dapat disepelekan dan dapat menjadi ancaman yang paling menguras budget. Hindarilah makan di restoran mahal, sebaiknya belilah makanan di pasar tradisional atau memasak sendiri. Jika tidak pandai memasak, cukup memasak nasi saja dan hanya membeli lauk atau sayur untuk berhemat. Untuk mengantisipasi lapar di perjalanan, sebaiknya bawalah bekal cemilan dengan membuat roti yang disediakan ketika sarapan di penginapan.

5.Bawalah Uang Tunai

Bawalah selalu uang tunai selama berlibur, terutama mata uang dollar ketika berlibur ke luar negeri karena nilai tukarnya lebih tinggi di negara tujuan.
Ini bukan untuk berfoya-foya, namun dengan membawa uang tunai akan lebih mudah mengatur pengeluaran selama liburan.
Dengan membawa uang tunai, Anda dapat melihat langsung jumlah uang yang tersisa, sehingga akan berpikir lebih jauh sebelum mengeluarkan uang.
Demikian ulasan mengenai tips hemat saat travelling. Liburan hemat atau tidak tergantung Anda sendiri sebagai pengendali keuangan. Jika ingin liburan yang hemat, maka tips-tips di atas dapat membantu Anda. Semoga liburan yang sudah Anda rencanakan dapat terealisasi dan menjadi liburan yang menyenangkan dan hemat di kantong.
Selamat berlibur.

Untuk Keamanan dan kenyamanan saat bepergian, selain Hemat, tentu rasa aman dan nyaman tentu menjadi skala prioritas tersendiri.  info lebih lengkap mengenai Asuransi Perjalanan, silakan kunjungi Portal Asuransi Perjalanan Terbaik, Beli Asuransi Perjalanan hanya dalam genggaman.

 

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *