5 Cara Hemat Setelah Liburan

Segala kegiatan manusia tidak akan lepas dari rasa lelah dan penat. Baik bekerja, belajar dan kuliah semua membutuhkan waktu untuk melepaskan diri dari kesibukan.
Kelelahan yang tidak tersalurkan bisa berdampak buruk untuk kesehatan, selain tentu performa di kantor juga akan menurun. Maka mengambil jatah waktu luang dengan berlibur itu penting.

Tips berlibur hemat tanpa perlu takut kehabisan uang pasca liburanBerlibur selain menyempatkan waktu, tentu kita juga perlu menyiapkan dana untuk liburan.
Uang yang ada perlu dikelola dengan baik agar bisa digunakan untuk berlibur tanpa perlu khawatir dengan uang habis pasca liburan. Bukan tidak mungkin jika pasca liburan, anda mendadak pusing dengan kondisi keuangan jika tidak dikelola dengan benar. Maka dari itu ikuti 5 tips simple kelola uang di bawah ini.

Disiplin dalam Mengatur budget dengan baik sebelum liburan.

Poin pertama dan yang paling krusial adalah dengan menetapkan anggaran sebelum berangkat liburan. Buatlah pos tersendiri untuk liburan, agar tidak tercampur dengan uang untuk anggaran lain. Selain itu, buatlah anggaran untuk biaya selama liburan, mulai dari hotel, uang makan dan transportasi.

Pintar Kontrol Biaya dan batasi pengeluaran di salah satu bagian.

Jika tujuan utamanya adalah wisata belanja, maka tidak perlu menahan diri untuk berbelanja. Namun sebelum itu, potong anggaran lainnya seperti untuk makan, hotel dan transportasi.
Pilih rumah makan yang menawarkan makanan yang lebih murah namun tetap enak di kantong dan perut. Pilih tempat menginap juga tidak harus hotel, jika tujuannya berbelanja, tidur di penginapan juga boleh.

Rajin mencari harga yang murah dan yang promo

Biasanya barang yang dijual di lokasi wisata atau tempat berlibur lebih mahal daripada di lokasi lain, namun jangan lantas menerima sodoran harga dari pedagang.
Pintar-pintarlah dalam menawar, agar bisa dapat harga miring. Selain itu, biasanya di berbagai tempat wisata ada pusat oleh-olehnya, yang mana barang-barang yang dijual biasanya lebih ramah di kantong.

Hindari belanja barang yang tidak perlu, bedakan kebutuhan dan keinginan

Liburan untuk mengistirahatkan tubuh dengan liburan ke wisata belanja tentu berbeda. Jika tujuannya adalah untuk merecharge kembali badan dan otak, maka jangan kalap jika melihat banyak suvenir dan oleh-oleh yang menarik mata. Pastikan hanya barang yang anda butuhkan saja yang anda beli.

Sebisa mungkin hindari penggunaan alat pembayaran non tunai.

Menggunakan kartu kredit atau kartu debet berpotensi menjadikan pengeluaran membengkak. Prinsip “tinggal gesek” memang memudahkan, namun sayangnya banyak penggunaan alat pembayaran non tunai yang tidak terkontrol. Walhasil, anggaran yang sudah direncanakan bisa-bisa malah meleset dan akhirnya tekor. Melakukan transaksi pembayaran dengan uang tunai, selain lebih bijak juga kita bisa tahu jumlah pengeluaran kita.

Dengan menjalankan 5 tips ini, maka tidak perlu lagi mencemaskan kondisi keuangan pasca liburan, karena pos pengeluaran untuk liburan sudah disiapkan dan tidak mengganggu anggaran untuk pos pengeluaran yang lain.

Jika Anda menginginkan liburan yang aman dan nyaman tanpa khawatir karena di protect oleh asuransi perjalanan, liburan jadi terasa lebih lengkap ketika tips hemat ini dapat di implementasikan plus di tambah Asuransi yang mengcover perjalanan Anda, temukan produk Asuransi perjalanan terlengkap di portal jagain.com, solusi perjalanan Aman saat liburan!

 

Baca Artikel Lainnya : 

 

 

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *