Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan, sistem imun atau daya tahan tubuh harus tetap terjaga agar tetap prima menjalani aktivitas terlebih saat pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, Functional Medicine Indonesia, dr Mahdaleny Tan, membagikan Tips menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat selama musim hujan. “Sistem imunitas pada manusia ini berlapis-lapis berfungsi sebagai pertahanan tubuh dalam melindungi diri dari patogen atau mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit,” kata Hanum, Sabtu (7/11/2020).

Umumnya, bayi atau anak kecil dan orang tua memiliki sistem imun tubuh yang rendah. “Rata-rata orang dewasa muda memiliki sistem imun yang bagus sehingga mereka akan lebih sehat.”

“Namun, jika mereka memiliki penyakit penyerta atau metabolik seperti diabetes, HIV, dan yang lain, maka dapat melemahkan sistem imun sehingga virus atau bakteri lebih mudah menyerang tubuh,” dr Lenny saat ditemui di Klinik Terapi Ozon Bekasi.

Lingkungan atau cuaca ekstrim juga bisa menjadi faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh. Kondisi lingkungan dan pergantian cuaca yang begitu cepat dari panas ke dingin membuat sistem homeostasis pada tubuh bekerja lebih keras.

“Hal ini menyebabkan sistem imun atau daya tahan tubuh menurun. Saat panas maka debu kering membawa banyak komponen virus atau bakteri. Sedangkan di musim dingin yang lembap, virus atau bakteri lebih mudah berkembang biak. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga imunitas tubuh selama pandemi Covid-19 dan musim pancaroba seperti ini,” katanya.

Baca juga:

Beberapa Makanan dan Minuman Fermentasi yang Sehat

Ada beberapa cara serta tips yang dapat dilakukan masyarakat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat selama musim hujan.

Pertama, jangan lupa membawa perlengkapan seperti payung atau jas hujan jika beraktivitas di luar rumah. Segera mandi dengan air hangat jika terkena hujan, atau ganti dengan pakaian kering.

Kedua, konsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang mencukupi.

Ketiga, istirahat yang cukup di malam hari selama kurang lebih 6-8 jam.

Keempat, tetap olahraga minimal 2-3 kali seminggu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen di dalam tubuh.

Kelima, boleh mengonsumsi suplemen atau vitamin sesuai dengan keadaan tubuh masing-masing, untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *