Tips Membuat Belajar di Rumah Menarik

Banyak siswa dan mahasiswa di haruskan untuk belajar di rumah karena pandemi Covid-19. Belajar di rumah merupakan suatu hal yang penting bahkan sudah menjadi rutinitas bagi setiap anak. Pengajar di sekolah memberikan materi ajar maupun tugas melalui media digital. Awal-awal mungkin belajar dirumah mungkin menyenangkan, tapi lama kelamaan bisa bikin bosan.

Anak-anak pasti senang apabila belajar di rumah dengan suasana yang menarik dan tidak membosankan. Semua anak pasti akan bersemangat belajar apabila suasana belajar sangat kondusif dan menggairahkan. Hal ini dapat menjadikan prestasi anak dapat dicapai dengan memuaskan.

Banyak siswa yang menganggap bahwa belajar di rumah merupakan hal yang membosankan. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana belajar di rumah agar tidak membosankan:

Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif
Ciptakan suasana yang nyaman dan kodusif supaya belajar di rumah lebih menyenangkan dengan ruangan belajar yang bersih. Selain itu, ruangan yang rapih dan bersih juga membuat belajar kita menjadi nyaman. Hal ini menjadikan pikiran pikiran lebih jernih untuk menyerap materi yang dipelajari. Bila ruangan kotor dan tidak rapi akan sangat susah untuk fokus.

Belajar Sambil Bermain
Belajar tidak mengharuskan orang untuk duduk dan berusaha untuk fokus untuk menyerap ilmu. Belajar juga bisa menjadi aktivitas yang seru jika belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan bermain peran, bermain kuis, melakukan permainan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Belajar sambil melakukan kegiatan-kegiatan tersebut bisa membantu anak berfikir kalau belajar bukan merupakan suatu hal yang membosankan.

Siapkan Kebutuhan Belajar
Pastikan semua kebutuhan belajar untuk menunjang proses belajar. Jika kebutuhan belajar sudah siap, dari alat tulis hingga jaringan internet maka belajar pun akan lebih fokus dan dapat menyerap materi yang diperoleh dengan maksimal. Bayangkan, apabila tiba-tiba koneksi internet terputus, konsentrasi belajar pasti akan hilang.

Siapkan Camilan
Supaya bisa fokus, perhatikan juga keadaan perut. Jika merasa lapar belajar pun akan menjadi susah karena tidak bisa fokus. Ada baiknya untuk menyiapkan cemilan saat belajar untuk membantu mengurangi rasa bosan dan lapar. Oleh karena itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja secara optimal.

Baca juga:

5 Tips Menghindari Stres Saat Karantina Diri di Rumah

Beri Waktu Jeda
Istirahat di antara sesi belajar sangatlah penting. Rutin seperti ini bisa membantu menghingari stres. Berikan waktu jeda setengah jam hingga satu jam sebelum mempelajari materi selanjutnya. Hal ini bisa menghindari stress karena berfikir secara terus menerus.

Kenali Gaya Belajarmu
Gaya belajar yang salah dapat menentukan hasil belajar anak. terkadang, anak tidak bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal bukan karena tidak bisa, akan tetapi cara belajar mereka yang salah. Apabila anak senang belajar dengan mendengarkan musik maka bisa dilakukan sambil mendengarkan musik sesuai yang mereka sukai. Apabila anak senang belajar sambil melihat gambar maka bisa dilakukan dengan memperhatikan gambar-gambar.

Itulah beberapa cara untuk membuat suasana belajar di rumah menjadi tidak membosankan. Suasana belajar yang menyenangkan akan menggugah gairah anak untuk belajar. Kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan akan sejalan dengan prestasi anak yang terus meningkat. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan di rumah ya. Semangat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *