Tips Menghindari Bensin Basi

Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali lagi di DKI Jakarta pada tanggal 14 September 2020. Tentunya dengan ini banyak orang yang akna tinggal di rumah dan kendaraan seperti mobil dan motor akan jarang dipakai. Untuk kendaraan yang jarang dipakai, bensinnya bisa basi lho! Bensin basi merupakan sebutan awam untuk merujuk pada penurunan kualitas bensin yang ada di tangki bahan bakar.

Eko Kristiawan, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, mengatakan, ada tips yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk mencegah bensin basi karena mobil atau motor jarang dipakai. “Mungkin ini tips ya. Jadi meski tidak digunakan bensin harus diisi penuh, agar tidak ada ruang yang menyebabkan pengembunan di tangki,” kata Eko, Jumat, (11/9/2020). Tangki yang penuh bensin akan mencegah dalam tangki berembun. Sebab saat cuaca panas embun akan menjadi air, tercampur dengan bensin dan merupakan kandungan kimia bensin.

Baca juga:

Keuntungan Menggunakan BBM yang Direkomendasikan

“Jadi kalau penuh itu akan aman dari pengembunan. Pengembunan itu akan menciptakan kualitas bahan bakar itu sendiri,” katanya. Eko juga menyarankan untuk memanaskan kendaraan secara berkala walaupun kendaraan tidak di gunakan. Ini supaya aki dan baterai terjaga. Kemudian periksa oli mesin dan bahan bakar. “Kemudian untuk perawatan mesin untuk memperhatikan buku manual, atau berkomunikasi langsung dengan mekanik dari bengkel resmi,” katanya.

asuransi mobil sinarmas diskon 25% - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *