Tips Merawat dan Mencuci Karpet agar Tahan Lama

Banyak yang menggunakan karpet sebagai dekorasi interior mereka, karena selain mempercantik, karpet lantai juga berfungsi untuk menambah kenyamanan para penghuni rumah.

Dibandingkan dengan lantai biasa, tentunya bagi yang menggunakan karpet memerlukan perawatan yang lebih karena karpet harus sering di cuci, tidak bisa di vakum saja. Jika tidak dirawat dengan baik, bukan hanya membuat karpet lebih cepat rusak tapi juga mengurangi kenyamanan para penggunanya.

Baca juga:

Bikin Rumah Nyaman Tanpa Renovasi dengan Cara Berikut

Tentunya karpet tidak bisa asal cuci, ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat merawat karpet lantain rumah. Jika karpet dirawat dan dicuci dengan benar, karpet lantai rumah tidak perlu dicuci terlalu sering. Lagipula, caranya pun sangat mudah, cepat, dan bisa dilakukan siapa saja, berikut tips-tipsnya:

  1. Tempatkan karpet jauh dari cahaya matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna karpet cepat pudar dan karpet pun cepat rusak.
  2. Rajin untuk vakum karpet agar bersih dari debu-debu.
  3. Taburkan baking soda ke seluruh permukaan karpet, tunggu hingga satu jam kemudian bersihkan. Tujuan pemberian baking soda ini adalah untuk membuat karpet wangi.
  4. Ubah posisi karpet secara berkala agar warna karpet tidak mudah pudar.

Baca juga:

Benda yang Bisa Membawa Keberuntungan Dirumah

Bukan hanya itu, untuk mencuci karpenya juga ada cara sendiri. Berikut tips mencuci karpet lantai rumah yang benar:

  1. Vakum sebelum mulai mencuci, supaya tidak banyak debu yang menempel agar proses mencuci jadi lebih mudah.
  2. Basahi karpet dengan air yang memiliki tekanan cukup kuat. Gosok permukaan karpet dengan menggunakan sikat halus dan dan deterjen. Bilas dengan menggunakan air bersih. Setelah itu bisa tambahkan cairan pelembut pada seluruh permukaan karpet lalu bilas kembali dengan air bersih.
  3. Angin-anginkan karpet di tempat yang teduh. Hindari menjemur karpet di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar bahannya tidak cepat rusak dan memudarkan warna karpet.
Asuransi rumah diskon 15%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *