Tips Merawat Sepeda Agar Tetap Nyaman di Gunakan

Belakangan ini olahraga sepeda bukan hanya sekedar kegiatan biasa, tetapi ada yang serius menjalani hidup sehat denga bersepeda. Bersepeda memang sangat menyenangkan dan juga penuh pengalaman, tapi agar sepeda nyaman saat di gunakan, rajinlah merawat sepeda. Merawat sepeda secara teratur sangat diperlukan, karena bisa memperpanjang usia sepeda dan mencegah terjadinya kerusakan pada bagian-bagian komponen tertentu. Dengan merawat sepeda membuat Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memperbaiki kerusakan, dan akan menunjang peforma saat bersepeda.

Berikut tips bagaimana merawat sepeda agar tidak cepat rusak :

1. Cek komponen penting sepeda.

Periksa bagian-bagian penting sepeda seperti rem, pemindah gigi, pedal, rantai, lampu, dan komponen kecil lainnya untuk dibersihkan. Kencangkan mur baut yang kendur agar tidak terlepas saat bersepeda.

2. Cek tekanan ban sepeda.

Penting untuk selalu cek tekanan ban sepeda sebelum di pakai, sebab bila tekanan ban rendah dapat mengakibatkan ban terlipat atau tertusuk benda tajam yang mengakibatkan ban sepeda kempes atau bocor. Periksa tekanan ban sepeda Anda, jangan sampai kempes atau kurang tekanan udara karena dapat merusak ban sepeda bila digunakan. Pompa ban dengan tekanan yang tidak normal, walau sepeda tidak sedang dipakai.

Baca juga :  Ketahui 9 Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan Nyaman

3. Bersihkan rantai sepeda.

Rantai sepeda memang agak sulit dirawat karena membutuhkan pelumas dan cairan pembersih rantai sepeda. Kedua perlengkapan ini wajib dimiliki untuk menjaga agar rantai sepeda Anda tidak mudah macet. Rantai sepeda yang kekurangan pelumas akan mudah berkarat. Sebaliknya, rantai yang kelebihan pelumas akan lebih mudah menarik kotoran.

4. Bersihkan rem sepeda.

Rem merupakan salah satu bagian dari sepeda yang sangat penting, sebab jika rem tidak berfungsi bisa membahayakan rider. Cek rem dengan baik dan teliti, bila sudah aus atau tidak mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek juga minyak rem dan setelan kabel.

5. Bersihkan sepeda setelah pemakaian.

Membersihkan sepeda setelah pemakaian sangat penting. Karena dapat mengurangi resiko berkarat pada bagian-bagaian tertentu yang dapat menimbulkan kerusakan. Bersihkan secara menyeluruh sampai bagian-bagian terkecil sepeda.

6. Cuci sepeda secara berkala.

Mencuci sepeda secara berkala dan jangan terlalu sering melakukannya untuk menghindari karat pada sepeda. Lakukanlah dengan hanya membilas rangka atau komponen lainnya dengan kain yang sudah dibasahi untuk menghindari air masuk ke rongga-rongga kecil sepeda.

Baca juga :  Pentingnya Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

7. Tutup sepeda bila tidak dipakai.

Menutup sepeda bila sepeda sudah tidak dipakai adalah cara terbaik setelah dibersihkan. Anda dapat menutupnya dengan kain biasa maupun kain khusus untuk menutup sepeda. Dengan cara ini, sepeda dapat terlindungi dari kotoran-kotoran/debu yang bisa menempel pada sepeda. Dengan begitu sepeda anda tetap aman dari debu.

8. Belilah asuransi sepeda.

Jaman sekarang harga sepeda tidaklah murah. Jika sepeda anda hilang, pasti rasanya kesel sekali. Asuransi sepeda adalah asuransi yang melindungi sepeda anda dari kehilangan yang terjadi. Asuransi sepeda yang ada saat ini banyak yang mencakup penggantian total apabila terjadi kehilangan maupun kerusakan di atas 75%.

Sekarang anda dapat bersepeda tanpa kawatir terjadi masalah saat bersepeda. Selamat mencoba. Cek skebutuhan asuransi sepeda anda hanya di Jagain.com.

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *