Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Motor

Salah satu kultur memasuki hari raya Idul Fitri yaitu mudik. Tahukah apa itu mudik? Mudik berasal dari singkatan bahasa Jawa adalah “mulih dilik” yang dalam bahasa Indonesia berarti pulang sejenak. Ada juga yang mengatakan, mudi yaitu “mulih udik” atau dalam bahasa Indonesia pulang desa. Melainkan pada intinya tiap memasuki lebaran, orang-orang yang merantau atau tinggal di luar kota akan pulang kembali ke desa asalnya untuk menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga besar tercinta.

Mudik lebaran tak patut mengaplikasikan sarana transportasi biasa, seperti bis atau kereta api. Banyak orang yang memilih untuk mengaplikasikan kendaraan pribadi, salah satunya yaitu motor. Sedangkan, dikala mudik mengaplikasikan motor akan sedikit ribet jikalau barang bawaannya banyak, tetapi mudik mengaplikasikan motor juga menyenangkan loh. Jangan lupa lindungi perjalanan Kamu ke Kampung Halaman (Pulang Kampung) dengan Asuransi Perjalanan Mudik.

 

Berikut Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Motor

Kegiatan Mudik (Pulang Kampung) merupakan aktivitas perantau atau pekerja yang  untuk kembali ke kampung halaman yang sudah menjadi kebiasaan tahunan yang terjadi memasuki hari raya besar keagamaan contohnya memasuki lebaran. Oleh sebab itu aku akan berikan kiat menarik sebagai berikut :

1. Persiapkan Kondisi Fisik dan Mental

Sebelum berkendara jarak jauh, diusahakan badan semestinya benar-benar fit dan sehat supaya tak terjadi hal yang tak diharapkan seperti terjatuh , menubruk pun atau yang lainnya. Jikalau mengantuk dalam perjalanan, lebih bagus rehat di Rest Area atau daerah singgahan lainnya yang telah disediakan.

Memakai sepeda motor merupakan pilihan terakhir anda untuk mudik, sekiranya memang demikian buat bahagia perasaan anda, hilangkan beban pikiran, perasaan was-was, kekhawatiran yang berlebihan. Bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kesibukan yang menyenangkan.

2. Siapkan Kondisi Motor Kamu Dalam Kondisi Prima

Sebaiknya lakukan pemeriksaan dan pembetulan 1 pekan sebelum digunakan mudik, sehingga anda mempunyai waktu yang cukup untuk mengikuti keadaan kembali dengan motor anda terutamanya jikalau ada pembetulan lanjutan. Pastikan perlengkapan standar motor berfungsi dengan bagus, kaca spion, sistim kelistrikan ( CDI, Head lamp, Sign lamp, horn, Fuse system, busi ), cara pengereman ( Kanvas rem, minyak rem, kabel rem ) , cara pemrakarsa ( kopling, gear, ban, rantai, v-belt dan lainnya ) dan Chasis.

3. Jangan Lupakan Surat Dan Perlengkapan Berkendara

Saat ingin berkendara jangan lupa untuk membawa surat surat yang wajib di bawa seperti STNK (Suran Tanda Nomor Kendaraan), SIM (Surat Izin Mengemudi), KTP (Kartu Tanda Pengenal), Helm SNI (Standar Nasional Indonesia), Jaket Berkendara, Celana Panjang, Sepatu, Sarung Tangan.

4. Jangan Membawa Barang Terlalu Berlebihan

Pemudik tak membawa barang-barang melebihi kapasitas di sepeda motor. Barang yang terlalu banyak dan berat akan membikin pengendara kencang lelah dan berpotensi kecelakaan.

5. Pahami Kondisi Rute Perjalanan

Kecuali mempersiapkan sepeda motor, kau juga perlu memetakan spot-spot rawan yang akan kau lalui dikala mudik. Dengan memperhatikan peta kau juga dapat memperkirakan di mana wajib beristirahat. Untuk menghindari kelelahan, pastikan kau tak berkendara secara terus-menerus lebih dari empat jam.

6. Lengkapi Perjalanan Pulang Kampung Kamu Dengan Asuransi Mudik

Asuransi Mudik Lebaran yang menjamin perjalanan mudik dengan mengaplikasikan angkutan biasa sah (pesawat, kapal laut, kereta api & bus) serta kendaraan pribadi (kendaraan beroda empat atau lebih). Produk Asuransi ini menjamin Resiko meninggal dunia imbas kecelakaan, Resiko cacat konsisten imbas kecelakaan (layak Continental Scale) dan Tarif perawatan / pengobatan dokter imbas kecelakaan.

Lengkapi Perjalanan Pulang Kampung Kamu Dengan Asuransi Mudik

, , , ,

About Jagabot

Broker asuransi online di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memilih Asuransi.
View all posts by Jagabot →

2 thoughts on “Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *