Tips Nyicil Buat Beli Rumah atau Apartemen

Banyak orang yang mulai menyadari berapa penting nya memiliki rumah yang nyaman, apalagi di tengah pandemi dimana kita menghabiskan banyak waktu di rumah. Namun data menunjukkan bahwa kenaikan gaji karyawan sulit mengejar pertumbuhan harga rumah.

Oleh karena itu, membeli hunian dengan memanfaatkan KPR menjadi salah satu jalan keluar. Meski begitu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa tips bagi yang ingin membeli rumah dengan KPR:

  • Menentukan Lokasi

    Banyak pilihan untuk lokasi banyak tipe perumahan atau apartemen, mulai dari yang memiliki akses mudah karena terletak di tengah kota hingga perumahan yang berlokasi di pinggir Jakarta.

    Hal yang paling perlu diperhatikan adalah potensi banjir dan juga askes dari rumah ke tempat kerja atau sekolah. Perlu juga diperhatikan seberapa amankah lokasi itu untuk yang tinggal sendiri atau yang berkeluarga.
  • Mempersiapkan Biaya yang Dibutuhkan

    Perhatikan biaya-biaya tersebut dan pastikan penghasilan Anda mampu melunasi seluruh tanggungan sesuai dengan tenor yang telah ditentukan. KPR biasanya perlu dibayar setiap bulannya sesuai jangka waktu yang ditentukan.

    Jangan terlalu memaksakan untuk memilih tempat tinggal di lokasi tertentu jika biaya yang dibutuhkan jika tidak berbanding dengan pendapatan.

Baca juga:

Beberapa Tanaman Hias yang Aman Disimpan Indoor
  • Memilih Penyedia KPR

    Manfaatkan waktu luang untuk mencari bunga terbaik. Biasanya setiap bank memiliki penawaran suku bunga berbeda dengan ketentuan masing-masing.

    Satu hal yang juga perlu menjadi perhatian adalah apabila memungkinkan pilihlah bank yang menjadi rekening payroll dari tempat Anda berkerja. Biasanya proses akan lebih mudah, atau mungkin, bila beruntung bisa memperoleh tawaran yang menarik.
  • Pastikan cicilan rumah per bulan tak melebihi 35 persen penghasilan

    Biasanya bank atau lembaga pemberi kredit mungkin saja menyetujui pengajuan KPR dengan nominal cicilan 50 persen dari penghasilan bulanan. Akan tetapi, cicilan rumah yang ideal maksimal adalah 35 persen dari penghasilan.

    Sisakan uang dari penghasilan anda untuk kebutuhan pokok lainnya.

Baca juga:

Tips Merawat dan Mencuci Karpet agar Tahan Lama
  • Sediakan Alokasi Dana di Luar DP dan Cicilan Pertama

    Pikirkan juga dana yang diperlukan untuk membeli furnitur, asuransi, bayar tagihan listrik, air, dan lain-lain.
Asuransi rumah diskon 15%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *