Tips Perawatan Sepeda Supaya Lebih Awet

Sejak pandemi, banyak orang yang memiliki hobi baru yaitu bersepeda. Banyak yang menjadi pemilik sepeda baru dan mungkin belum memahami cara merawat sepeda dengan benar.

Hendra, Chief Executive Officer (CEO) PT Roda Maju Bahagia (Element Bike) mengatakan setiap pemilik sepeda wajib merawat sepeda lipat miliknya bila ingin tahan lama.

Hendra menambahkan perawatan sepeda lipat harus dilakukan secara teratur agar performanya tidak turun. Sepeda lipat harus dirawat dengan baik dan benar bila ingin awet alias tahan lama.

Sepeda bisa di rawat sendiri di rumah, tapi untuk hasil yang optimal sebaiknya di serahkan kepada yang asil. Hendra CEO Element Bike berbagi resep merawat sepeda lipat untuk Anda yang baru menggeluti hobi bersepeda.

Baca juga:

Cara Membawa Sepeda dengan Mobil yang Aman
  1. Setting sepeda lipat kepada ahlinya
    Untuk Anda yang baru membeli sepeda lipat secara online sebaiknya meminta teknisi sepeda untuk menyeting sepeda lipat. “Setelah sepeda dari pabrik tidak 100% pas, jadi sepeda lipat sebaiknya disetel oleh ahlinya,” kata Hendra. Hal ini penting untuk menghindari salah setting yang membuat sepeda cepat rusak.
  1. Rutin cek tekanan ban
    Sering-seringlah untuk mengecek tekanan ban. Sebelum menggunakan sepeda, ada baiknya untuk cek tekanan ban. Usahakan ban sepeda lipat tidak terlalu keras dan tidak terlalu kempes. Hal ini penting agar ban sepeda tidak cepat rusak.
  1. Bersihkan rantai
    Selain tekanan ban, rantai sepeda juga harus di perhatikan dan di bersihkan secara rutin. Anda bisa membersihkan rantai sepeda dengan cairan WD. Setelah rantai bersih dari debu, Anda berikan pelumas rantai agar rantai tidak kotor. Selalu diingat untuk menggunakan oli baru, jangan menggunakan oli bekas mobil atau motor. Jika menggunakan oli bekas, ini akan membuat rantai sepeda mudah kotor.
  1. Bersihkan body sepeda
    Bagi yang sering menggunakan sepedanya, diingatkan untukrutin membersihkan badan sepeda. Ini bisa dilakukan dengan lap basah. Bila sepeda lipat kotor sekali, Anda bisa cuci steam sepeda tersebut.
  1. Cek rutin di bengkel
    Terakhir, Anda sebaiknya membawa sepeda lipat ke bengkel secara rutin untuk cek settingan. Hal ini penting agar performa sepeda lipat tidak berubah.

Untuk pemilik sepeda, lebih baik pelajari fungsi komponen sepeda. Contoh, penggunaan shifter alias pengoper gigi harus tepat sesuai dengan perannya. “Untuk menaikkan atau menurunkan gigi eksternal yang benar adalah sepeda digowes dan dipencet pengoper giginya,” kata Hendra. Sedangkan, untuk gigi internal cara menggunakannya shifter dipencet dulu baru sepeda digowes.

Hal lainnya yang juga penting, para pemilik sepeda lipat sebaiknya berkonsultasi kepada teknisi profesional sebelum mengganti atau mengupgrade komponen sepeda lipat miliknya. Hal ini penting, agar performa sepeda lipat tetap maksimal dan nyaman digunakan.

asuransi sepeda road bike - blog jagain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *